Motor DC
Motor arus searah (DC) ialah suatu mesin yang berfungsi mengubah tenaga
listrik arus searah menjadi gerak atau energi mekanik, dimana
tenaga gerak tersebut berupa putaran dari
rotor.
·
Prinsip Kerja motor DC
Prinsip kerja suatu motor arus searah adalah suatu kumparan jangkar terdiri dari
belitan dan terletak diantara kutubkutub magnet. Kalau kumparan dilalui
arus maka pada kedua sisi kumparan bekerja gaya
Lorentz. Aturan tangan kiri dapat
digunakan untuk menentukan arah gaya Lorentz, dimana gaya jatuh pada telapak tangan, jarijari yang yang
direntangkan menunjukkan arah
arus, maka ibu jari yang direntangkan menunjukkan arah gaya.
Kedua gaya yang timbul merupakan sebuah kopel. Kopel yang dibangkitkan pada
kumparan sangat tidak
teratur, karena kopel itu berayun antara nilai maksimum
dan nol. Untuk mendapatkan kopel yang relatif sama dan sama
besar, dibagi
sejumlah besar kumparan
di sekeliling jangkar. Kumparankumparan itu
dihubungkan dengan
lamel tersendiri pada komutator, sehingga motor arus searah tidak berbeda dengan generator arus
searah.
Perbedaan motor dan generator hanya
terletak pada konversi dayanya. Generator adalah mesin listrik yang mengubah daya masuk mekanik menjadi daya listrik. Sedangkan motor mengubah daya masuk
listrik menjadi mekanik.
·
Jenis Motor Arus Searah
Berdasarkan cara memberikan fluks pada kumparan medannya, motor arus
searah dapat dibedakan menjadi dua yaitu motor penguat terpisah dan motor
penguat sendiri.
o Motor Penguat terpisah
Disebut motor penguat terpisah karena sumber tegangan yang digunakan untuk menyuplai lilitan penguat medan magnet adalah terpisah dari rangkaian kelistrikan motor.
o Motor Penguat Sendiri
Dikatakan motor penguat sendiri karena sumber
tagangan yang digunakan untuk menyuplai lilitan penguat medan magnet
adalah menjadi satu dengan
rangkaian
kelistrikan
motor. Ditinjau
dari cara menyambung
lilitan penguat medan magnetnya, terdapat beberapa jenis motor yaitu
:
o
Motor Shunt
Motor shunt adalah motor penguat sendiri yang lilitan penguat medan magnetnya disambung paralel dengan lilitan jangkar. Pada motor ini, jumlah lilitan penguat
magnet banyak,
namun luas penampang kawatnya kecil.
o
Motor seri
Motor seri
adalah
motor arus
searah lilitan penguat medan magnetnya disambung seri dengan lilitan jangkar. Pada motor
ini, jumlah lilitan penguat magnet sedikit,
namun luas penampang kawatnya besar.
0 komentar:
Posting Komentar