Kamis, 02 Mei 2013

MOTOR DC


  Motor DC        
                
            Motor arus searah (DC) ialah suatu mesin yang berfungsi mengubah tenaga listrik arus searah menjadi gerak atau energi mekanik, dimantenaggerak tersebut berupa putran dari rotor.

·         Prinsip Kerja motor DC
Prinsip kerja suatu motor arus searah adalah  suatu kumparan jangkar terdiri dari belitan dan terletak diantara kutub­kutub magnet. Kalau kumparan dilalui arus maka pada kedua sisi kuparan bekerja gaya Lorentz. Aturan tangan kiri dapat digunakan untuk menentukan arah ga­ya Lorentz, dimana gaya jatuh pada telapak tangan, jari­jari yang yang direntangkan menunjuk­kan arah arus, maka ibu jari yang direntangkan menunjukkan arah gaya.
Kedua gaya yang timbul merupakan sebuah kopel. Kopel yang dibangkitkan pada kuparan sangat tidak teratur, karena kopel itu berayun antara nilai maksimum dan nol. Untuk medapatkan kopel yang relatif sama dan sama besar, dibagi sejumlah besar kumparan di skeliling jangkar. Kumparan­kumparan itu dihubungkan  dengan  lametersendirpada  komtator,  sehingga  motoarus searah tidak berbeda dengan generator arus searah.
Perbedaa moto da generato hanya   terletak   pad konversi   dayanya. Genrator adalah mesin listrik yang mengubah daya masuk mekanik menjadi daya listrik. Sdangkan motor mengubah daya masuk listrik menjadi mekanik.

·         Jenis Motor Arus Searah
Berdasarkan cara memberikan fluks pada kumparan medannya, motor arus searah dapat dibedakan menjadi dua yaitu motor penguat terpisah dan motor penguat sendiri.

o   Motor Penguat terpisah
Disebut motor penguat terpisah karena sumber tegangan yang digunakan untuk menyuplai lilitan penguat medan magnet adalah terpisah dari rangkaian kelistrikan motor. 

o   Motor Penguat Sendiri
            Dikataka moto pengua sendir karen sumber   taganga yang digunakan untuk menyuplai lilitan penguat medan magnet adalah menjadi satu dengan  rangkaian  kelistrikan  motor.  Ditinjau  dari  cara  menyambung  lilitan penguat medan magnetnya, terdapat beberapa jenis motor yaitu :

o   Motor Shunt
Motor shunt adalah motor penguat sendiri yang lilitan penguat medan magnetnya disambung paralel dengan lilitan jangkar. Pada motor ini, jumlah lilitan penguat magnet banyak, namun luas penampang kawatnya kecil.

o   Motor seri
Motor seri adalah motor arus searah lilitan penguat medan magnetnya disambung seri dengan lilitan jangkar. Pada motor  ini, jumlah lilitan penguat magnet sedikit, namun luas penampang kawatnya besar.




0 komentar:

Posting Komentar